Breaking News

Bupati Lamtim Memberikan Sambutan di Acara Seminar Nasional Perjuangan KH. Ahmad Hanafiah


IL Lampung Timur - Bupati Lamtim M Dawam Rahardjo memberi sambutan dalam acara seminar Nasional Perjuangan KH. Ahmad Hanafiah Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia di Lampung. Acara yang berlangsung di Ballroom UIN Raden Intan Lampung Bandar Lampung. Rabu (27/07/2022)


Hadir mendampingi Bupati Lamtim, Staf Ahli bidang Ekokeu dan Pembangunan, Asisten I Ka. Bappeda, Kaban Kasbang Pol, Kadis Sosial, Kadis Kominfo, Kabag Prokomda.


Dalam sambutanya Bupati Lamtim M Dawam Rahardjo menyampaikan, KH. Ahmad Hanafiah adalah putra Daerah Lampung Timur, yang lahir di Sukadana Tahun 1905, merupakan pejuang yang gugur sebagai putra Bangsa, untuk memperjuangkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada tahun 1947-1949 melawan agresi Belanda di perbatasan Lampung Palembang.


Selain sebagai pejuang fisik, KH. Ahmad Hanafiah juga merupakan tokoh intelektual, dengan dua (2) karya orisinil yaitu al-Hujah dan Tafsif ad-Dhor, sebagai bukti bahwa Lampung memiliki kontribusi dalam pembentukan Lokus peradaban Islam Nusantara.


Berkaitan dengan hal itu, KH. Ahmad Hanafiah sangat pantas dianugerahi gelar Pahlawan Nasional, karena beliau telah gugur sebagai syahid di medan pertempuran, dalam membela dan mempertahankan bangsa dan Negara, juga terbukti sebagai salahsatu tokoh inteklektual Islam yang aktif dan berpengaruh, dalam upaya mengangkat martabat bangsa, melalu dunia pendidikan dan dakwah Islam.


Dawam juga berharap “Semangat yang ditunjukkan KH. Ahmad Hanafiah sebagai tokoh pejuang hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan, di dalam hati sanubari seluruh warga masyarakat Kabupaten Lampung Timur secara khusus, dan juga Warga Negara Indonesia secara umum. 


Lanjut Dawam “Merupakan suatu kebanggaan bagi kami, terutama karena beliau KH. Ahmad Hanafiah adalah tokoh pejuang inspiratif dari Kabupaten Lampung Timur, yang punya peran besar dalam melawan penjajah di Era Perjuangan, dan juga heroik dalam berjuang mempertahankan kemerdekaan. (Noviza)

0 Komentar

© Copyright 2022 - ILampung.com