Breaking News

Qomaru Zaman Menghadiri Musrenbang Kelurahan 2022 di Kelurahan Metro


IL Metro - Di Kelurahan Metro Pusat, kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Tahun 2022 yang berlangsung dan dihadiri oleh Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman beserta jajaran dengan mengusung tema Meningkatkan Kesejahteraan Kota dan Daya Saing Masyarakat melalui Pembangunan yang Merata dan Berkeadilan.


Musrenbang Kelurahan adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan (RKP) tahun anggaran yang direncanakan. Musrenbang kelurahan dilaksanakan dengan mengacu pada Rencana Strategis (Renstra) Kelurahan.


Diketahui, Musrenbang ini mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan kelurahan, dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tidak tersedia baik dari dalam maupun luar kelurahan.


Ferry Wahyudi Lurah Metro menjelaskan, Musrenbang kelurahan merupakan salah satu wadah dalam menyusun program kelurahan di semua bidang, selain itu Musrenbang dilaksanakan untuk menyusun rencana anggaran dan kegiatan pada tahun berikutnya.


Dia melaporkan bahwa kelurahan Metro merupakan salah satu kelurahan yang berada diwilayah kecamatan Metro Pusat, adapun pelaksanaan dana pada tahun 2021 telah digunakan untuk pembuatan saluran air, gorong-gorong, drainase, dan penanganan wabah covid-19.


Pada pembangunan di tahun 2023 mendatang, Kelurahan Metro mengusulkan perbaikan jalan , drainase, gorong-gorong, sarana prasarana, kegiatan stunting dan kegiatan forum anak menuju kota layak anak (KLA).


Dalam Kesempatan tersebut, Qomaru Zaman dalam arahannya menyampaikan permasalahan dari masyarakat yang tidak dapat diselesaikan dalam Musyawarah Masyarakat Desa akan dibawa ke dalam Musrenbang Kelurahan.


Bila belum dapat diselesaikan maka akan dibawa naik kedalam Musrenbang Kecamatan, apabila permasalahan yang ada belum juga dapat terselesaikan di tingkat kecamatan maka permasalahan tersebut akan diangkat ke dalam Musrenbang Kabupaten / Kota, sebab pembangunan manusia dan infrastruktur itu harus berkelanjutan, dengan tetap memperhatikan dari segi beberapa sektor, antara lain pendidikan dan kesehatan.


“Dengan begitu pelaksanaan Musrenbang Kelurahan tahun ini sangatlah penting, dengan mengedepankan pembangunan anak melalui kegiatan forum anak menuju kota layak anak (KLA), ” kata Qomaru saat sambutannya di Musrenbang Kelurahan Metro, Senin (31/01/2022).


Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab terkait pembangunan antara Pemerintah Kota Metro dengan masyarakat dan tamu undangan. (Andi)

0 Komentar

© Copyright 2022 - ILampung.com