Breaking News

BPJS Kesehatan Tubaba Akan Menjembati Terkait Pasien Nuraini


IL Lampung Tengah - Terkait pasien yang berasal dari Tulang Bawang Barat (Tubaba) dengan menggunakan BPJS Kesehatan dirujuk ke Rumah Sakit Harapan Bunda (RSHB) Kabupaten Lampung Tengah pada hari Jum'at (6/5) lalu. Pasien belum juga sehat, sudah mau pulangkan pihak RSHB.


Menanggapi permasalahan tersebut, Indah Suryani Afuar selaku PLH kepala BPJS kesehatan Kabupaten Tulang Bawang Barat dikantor BPJS yang beralamatkan Jl. Raya Murni Jaya, Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat memberikan penjelasan bahwa BPJS sudah menerima laporan dan akan menindak lanjuti, “kami telah menerima laporan nya kami akan menindak lanjuti terkait hal tersebut, pada dasarnya untuk pasien pulang sudah boleh atau belum nya tergantung (dpjp) nya,” jelasnya (10/5/22).



Pasien yang boleh pulang tergantung Dokter penanggung jawab pasien (dpjp) lanjut indah, “pada dasarnya untuk pasien sudah boleh pulang atau tidak tergantung dpjp nya, dokter penangung jawab pasiennya ketika mereka menyuruh pulang bisa dengan kentetuan udah sembuh atau kembali dengan rawat jalan,”ujarnya.


Indah melanjutkan penjelasannya, “Namun terhadap kejadian seperti ini, kami sudah sampaikan ke atasan nanti beliau lah yang bikin wewenang yang akan menindak lanjutinya, sesuai dengan ketentuan kalau BPJS kesehatan sebagai penjembatan antara peserta dan Rumah Sakit,” jelasnya.


Harapan pihak BPJS, “kita  menginginkan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Tubaba, bukan hanya di Tubaba namun se-Indonesia, jadi kalau ada kendala atau pengalaman kurang baik dari Askes BPJS kesehatan hubungi BPJS kesehatan di Rumah Sakit pun juga ada petugas penanganan keluhan, jadi nanti ketika ada laporan nya masuk BPJS kesehatan akan menjembatani untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang di alami oleh peserta atau pasien.”tutup indah.


Pasien rujukan dari Kabupaten Tulang Bawang Barat ke Rumah Sakit Harapan Bunda Kabupaten Lampung Tengah, yang bernama Nuraini (54) warga Tiyuh Panaragan RT1/RW1 kampung Muslimin Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tubaba. Pasien baru dua malam di RSHB dan hasil diagnosa keluarga pun belum tahu tetapi pasien sudah disarankan untuk pulang dan rawat jalan.


Pihak keluarga suami pasien Abdulah keberatan karena pasien akan segera dikeluarkan untuk rawat di rumah karena pasien masih dalam keadaan lemah belum layak untuk keluar dari rumah sakit dan pasien makan masih lewat selang dari hidung masuk ke perut, keluarga pasien khawatir terjadi sesuatu yang tidak diinginkan itu alasan mengapa keluarga pasien merasa keberatan untuk dipulangkan. (Andi/tim)

0 Komentar

© Copyright 2022 - ILampung.com