Breaking News

Mahasiswa dan Masyarakat Kibarkan Bendera Dari Dasar Laut

IL Pesawaran - 17 Agustus 2022.
Sekelompok Mahasiswa dari 9 perguruan Tinggi di Indonesia bersama masyarakat pulau yang berada di dusun Jelarangan, Pahawang Lampung secara hikmat mengikuti upacara pengibaran bendera dari dasar laut.

Para Peserta dan sejumlah petugas penggerek bendera yang berada di dasar laut tersebut merasa Tegang yang di sebabkan beban 32 kilo gram yang di bawa sebagai tabung penyelam sedikit merepotkan.

Namun dalam pelaksanaan nya,upacara yang di gelar cukup berkesan. Seperti yang di ungkapkan seorang Mahasiswi dari klub selam Universitas Sriwijaya merasa awalnya deg-degan ketika hendak masuk laut untuk mengibarkan Bendera Merah Putih.

Di hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77 klub Selam Anemon Unila bersama mahasiswa perwakilan selam indonesia Bagian Barat turut memeriahkan hari kemerdekaan itu dengan Pengibaran Bendera Merah Putih di bawah Laut Pulau Pahawang, Pesawaran Lampung.

Dengan jumlah 50 peserta yang diikuti oleh Forum Penyelam Mahasiswa Indonesia, klub selam, TNI-Polri yaitu Direktorat Polairud serta Satbrimob Polda Lampung dan Lanal Lampung juga masyarakat.

Anggel mahasiswi asal Palembang ini menyebutkan senang dan bangga akan Keikut sertaan dirinya dalam pengibaran bendera tersebut.

"Senang,bangga dan menjadi pengalaman yang luar biasa bisa ikut menyelam untuk mengibarkan Bendera Merah Putih dari dasar laut,tapi ada takut dan deg-degan gitu,.karena ini kali pertama saya mengibarkan Bendera di bawah Laut," ungkap anggel

Anggel pun berharap kegiatan yang kali ini berjalan sukses dan tidak ter kendala di dasar laut dapat terulang.

"Alhamdulillah lancar dan sukses," terangnya.

Sementara itu perwakilan mahasiswa Universitas Diponegoro, Autri mengungkapkan hal yang hampir sama. Yaitu rasa bangga karena ikut serta mengibarkan Bendera di bawah laut.

" sangat senang, karena ini kali pertama saya ke Lampung dan ke pulau Pahawang, lokasi dan kegiatan nya Keren " ujar Autri.

Diketahui Kegiatan ini didukung berbagai pihak di antaranya Universitas Lampung, Pangkalan TNI Angkatan Laut Lampung, Polairud Polda Lampung, Brimob Polda Lampung, instansi pemerintah daerah dan Provinsi Lampung, media partner daerah maupun nasional, serta pihak swasta dan masyarakat Pahawang,

Abdul Azis ketua penyelenggara yang juga ketua klub selam Anemon mengatakan kegiatan pengibaran Bendera Merah Putih dilakukan setiap tahun guna mewujudkan semangat nasionalisme dalam wujud cinta bahari. 

"UKM Anemon ini kita laksanakan di setiap tahun bertepatan pada 17 Agustus ya, namun 2 tahun yang lalu tidak begitu ramai karena adanya Covid," kata dia .

Abdul juga mengatakan selain mengibarkan bendera, tim penyelam akan melaksanakan aksi bersih laut dan pantai.

Ia melanjutkan, klub Senam Anemon menjadi salah satu UKM wadah mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakat di bidang olahraga selam ditunjang kemampuan melakukan observasi dan penelitian secara ilmiah.

"Sehingga kelak dapat membantu mahasiswa untuk keperluan penelitian, skripsi, maupun konservasi alam, khususnya di bidang kelautan," tuturnya.

Abdul Aziz juga berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan rasa nasionalisme dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia.

Pihaknya juga mengucapkan Banyak Terimakasih kepada pendamping para penyelam yang rata-rata pemula yang selalu di jaga serta di bimbing langsung oleh  Lampung dive club. (*) 

0 Komentar

© Copyright 2022 - ILampung.com