Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Polres Pringsewu Akan Menggelar Operasi Zebra Mulai 3 Oktober, Ini Penjelasan Kasat Lantas


IL Pringsewu - Polres Pringsewu, Polda Lampung akan melaksanakan Operasi kepolisian terpusat dibidang lalu lintas dengan sandi, Zebra Krakatau 2022.


Kasat lantas Iptu Khoirul Bahri mewakili Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi mengatakan, Operasi Zebra Krakatau 2022 dilaksanakan selama 14 hari, dimulai tanggal 03 hingga 16 Oktober 2022.


"Operasi itu dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia termasuk di kabupaten Pringsewu," ujar kasat lantas saat ditemui awak media usai mengikuti latihan pra operasi zebra di Mapolres setempat. Jumat (30/9/22)


Dikatakan kasat lantas, tujuan digelarnya operasi zebra untuk menurunkan angka pelanggaran, Laka lantas dan angka fatalitas serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.


Sementara itu 7 sasaran prioritas yang menjadi target operasi, yakni :

1. Pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang menggunakan handphone saat berkendara.

2. Pengendara yang masih dibawah umur, berboncengan dengan sepeda motor lebih dari satu orang,

3. Pengendara yang tidak menggunakan helm SNI,

4. Pengemudi tidak menggunakan safety belt, 

5. Berkendara dalam pengaruh alkohol, 

6. Berkendara melawan arus lalu lintas dan 

7. Berkendara melebihi batas kecepatan.


Ia juga mengatakan mekanisme penindakan dalam operasi zebra Krakatau 2022 diutamakan menggunakan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).


"Karena di Pringsewu belum ada sarana tilang elektronik maka, pengendara yang kedapatan melakukan pelanggaran berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas dan termasuk dalam 7 sasaran prioritas maka akan tetap ditindak secara tilang manual," jelasnya.


Oleh karena itu Ia meminta masyarakat tidak saja mematuhi aturan lalu lintas saat polisi melakukan operasi penertiban, tapi juga membiasakan diri mematuhi aturan lalu lintas setiap waktu demi keselamatan diri atau bersama.


"Tujuan dari Operasi Zebra untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berkendara serta menekan kecelakaan yang sering terjadi. Meskipun operasi nanti berakhir, kami harap masyarakat tetap patuh pada aturan lalu lintas," katanya.


Terpisah Wakapolres Pringsewu Kompol Doni Dunggio saat memimpin latihan pra operasi menyampaikan agar personel yang terlibat dalam operasi melaksanakan tugas dengan baik, bekerja sesuai standar operasional prosedur (SOP) dan mengedepankan penindakan yang bersifat simpatik dan humanis kepada para pengguna jalan.


"Dalam pelaksanaan Operasi Zebra 2022, nantinya diharapkan dilakukan dengan sebaik-baiknya, berikan tindakan yang simpatik dalam melayani dan membantu masyarakat," ungkapya. (*)

Posting Komentar untuk "Polres Pringsewu Akan Menggelar Operasi Zebra Mulai 3 Oktober, Ini Penjelasan Kasat Lantas"